Friday, July 14, 2017

7 Bahasa Pemrograman Yang Penting Untuk Kamu Kuasai.

7 Bahasa Pemrograman Yang Penting Untuk Kamu Kuasai.
7 Bahasa Pemrograman Yang Penting Untuk Kamu Kuasai || www.ngodingnyantai.blogspot.com

Bahasa pemrograman merupakan hal yang wajib dikuasai oleh seorang Developer ataupun Programmer. Karena untuk membangun sebuah aplikasi atau software, bahasa program memegang kendali penting agar komputer dapat mengerti menjalani perintah-perintah yang diingini oleh sang developer ataupun programer.

Pada dasarnya bahasa pemrograman ini sangat banyak, Namun kita tidak perlu menggunakan semuanya, kita hanya menggunakan 1 atau 2 bahasa pemrograman saja dalam melakukan developing web atau software.

Namun ada baiknya kita bahas mengenai bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh developer profesional. Dan berikut 7 Bahasa Pemrograman Yang Penting Untuk Diketahui.

#1. C

Bahasa C bisa dibilang merupakan bahasa pemrograman tertua yang pernah ada. Bahasa C dikembangkan dari sekitar tahun 70-an. Bahasa program ciptaan Dennis Ritchie  ini menjadi bahasa program populer di Indonesia. Pasalnya kebanyakan perguruan tinggi jurusan IT dan lembaga khusus pemrograman menggunakan bahasa ini. Alasannya karena bahasa C ini merupakan dasar untuk mempelajari bahasa lain seperti C#,C++,JAVA dan lainnya. Itu lah mengapa bahasa C dapat disebut sebagai "bapak" dari bahasa pemrograman.

#2. JAVA

Bahasa pemrograman ini awalnya dikembangkan pada The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang kemudian dilepas pada Oracle. JAVA merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai platform, mulai dari PC hingga perangkat Mobile.

#3. JAVASCRIPT

Jika kamu ingin menjadi web developer, maka javascript lah bahasa pemrograman yang harus kamu kuasai. Karena pada saat ini banyak web-web yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman ini. Dengan javascript kamu dapat mempercantik dan membuat web kamu terlihat lebih menarik.

#4. PHP

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer. Selain gratis PHP banyak digunakan karena bahasa pemrograman ini merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis. Bahkan Facebook,Wordpress dll menggunakan bahasa program ini dalam pengembangannya.

#5. VISUAL BASIC

VisualBasic sendiri adalah keturunan dari bahasa pemrograman BASIC yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman ini dikembangkan untuk membuat software-software berbasis sistem oprasi windows.

#6. C++

Seperti yang telah kita singgung di point nomor 1, bahasa pemrograman C++ merupakan pengembangan dari bahasa C. Pada dasarnya dalam penulisan syntax C dan C++ hampir sama, namun berbeda pada penyelesaian masalahnya. Jika pada bahasa C penyelesaian masalah dilakukan dengan membagi-bagi kedalam sub-sub masalah yang lebih kecil lagi atau bisa disebut bahasa pemrograman prosedural maka C++ berorientasi pada objek dimana permasalahan dibagi-bagi kedalam class-class. Beberapa perusahan software besar menggunakan bahasa ini dalam pengembangannya seperti Firefox,Winamp dan Adobe.

#7. PYTHON

Dalam tingkatan bahasa pemrograman, Python termasuk bahasa tingkat tinggi. Meski begitu bahasa phyton ini termasuk kedalam bahasa pemorgraman yang cukup mudah bagi pemula, karena bahasa tersebut mudah untuk dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami juga. Banyak perusahaan besar menggunanakn Phyton dalam pengembanganya seperti Instagram, Pinterest dan Rdio. Python juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo!, dan juga NASA.

Dan demikianlah 7 Bahasa Pemrograman Yang Penting Untuk Diketahui. Selamat bertemu di artikel berikutnya.

No comments:

Post a Comment