Thursday, September 28, 2017

Cara Mendesain Tabel Dengan HTML & CSS.

Cara Mendesain Tabel Dengan HTML & CSS.
Cara Mendesain Tabel Dengan HTML & CSS.
Dalam pengertiannya Tabel adalah daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data-data informasi yang biasanya berupa kata-kata maupun bilangan yang tersusun dengan garis pembatas. Biasanya orang akan membuat tabel ketika harus menyajikan data perbandingan ataupun data yang disusun dalam kelompok-kelompok.

Nah mungkin temen-temen sudah jago dong membuat tabel yang tentunya dipelajari dalam Microsoft Excell. Nah namun dalam kebutuhan penyajian data di web HTML punya juga loh cara untuk menampilkan tabel dan tentunya dengan bantuan sahabatnya si CSS akan lebih membuat tabel itu menarik.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana membuat dan mendesain tabel dengan HTML dan CSS. Yuk perhatikan cara berikut ini.

Copy kode Berikut ini :



Setelah di copy lalu pastekan kode diatas dalam text editor sobat (notepad++ atau yang lainnya) dan simpan dalam ekstensi .html dan lihat hasilnya di web browser. Sobat juga bisa mengkreasikan kode diatas dengan selera sobat.

Saya mengklasifikasikan tabel diatas dengan "tabel1" (<table class="tabel1>) itu agar memudahkan kita dalam pemanggilan pada CSS nya. Untuk warna selang-selingnya saya menggunakan kode ( .tabel1 tr:nth-child(even) ).

Sobat juga bisa melihat tutorial diatas dalam bentuk video dibawah ini :



2 comments:

  1. Artikelnya sangat bermanfaat sekali kak, saya sudah mencoba mengikuti langkah-langkah yang ada seperti pada contoh diatas dan berhasil... Terimakasih ya kak karena dengan adanya artikel ini saya bisa belajar membuat tabel dengan mudah... Terus dilanjutkan artikelnya kak.. Perkenalkan Nama saya Sintia, Nim saya 1922500186 dan link Web kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  2. makasih gan atas artikelnya, artikelnya sederhana, mudah dimengerti, dan dikemas dengan baik susunannya. semoga artikelnya update terus, gak sabar nunggu update-an nya. oh ya perkenalkan nama saya Ricki Tri Putra, mahasiswa dari STMIK Atma Luhur jurusan Sistem Informasi. kunjunin juga ya website kampus saya dilink : https://www.atmaluhur.ac.id Terima kasih, Salam sukses untuk kita semua.

    ReplyDelete