Sunday, October 22, 2017

Serupa Tapi Tak Sama, pahami Bedanya "div id" dan "div class"

memahami id dan class
Hai sobat ngoding, kamu yang sering bermain-main dengan syntax HTML tentu gak asing lagi dengan kedua tag ini yaitu div id dan div class. Namun gak jarang orang hanya menulis dan sekedar tahu posisi penggunaanya tanpa tahu apa maksudnya.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang perbedaan kedua tag itu. Tapi sebelumnya jika kamu ingin belajar mengenai syntax silahkan scoll terus kebawah, namun jika ingin melihat video lucu kami belum menyediakannya :D.

Nah sekarang ayo mulai serius. Yang perlu kamu ketahui adalah bahwa Class dan Id digunakan untuk penanda pada file HTML untuk kemudian dipanggil dan dimanipulasi oleh CSS ataupun Javascript.

Agar lebih paham, kita akan bermain logika. Bayangkan anda memiliki 3 buah kotak dan anda ingin 2 kotak berwarna kuning dan yang ketiga berwarna merah, dan kita akan mengisi value nya dengan sama-sama "kotak" maka syntaxnya adalah sbb :

HTML


CSS


Hasil
Hasil dari syntax diatas jika dieksekusi dengan web browser
Nah dalam pemanggilan id dan class biasanya id ditandai dengan "#" (tagar) sedangkan class ditandai dengan "." (titik).

Jadi jika dilihat dari contoh diatas meskipun value nya sama yaitu "kotak" maka pengeksekusiannya beda, id hanya akan mengeksekusi satu saja sedangkan class untuk beberapa. jadi anda tidak perlu berulang-ulang untuk memanggil perintah yang sama. Mungkin hal ini dikenal di javascript dengan variabel yang dijelaskan seperti DISINI.

Oke sekian dulu penjelasan kali ini, silahkan tinggalkan komentar kamu di kolom komentar.

3 comments:

  1. Sebenarnya untuk penggunaan id dan class sama kok, namun secara umumnya id hanya boleh digunakan pada satu element, tidak lebih seperti class.

    btw, ana koreksi tulisan mas, ketukar fungsi >>> pemanggilan id dan class biasanya id ditandai dengan "." (titik) sedangkan class ditandai dengan "#" (tagar).

    ReplyDelete