Thursday, September 21, 2017

Mengenal Tag-tag Dasar Pada HTML.

Mengenal Tag dan fungsinya
Mengenal Tag dan fungsinya dalam html || ngosing-nyantai.blogspot
Hai sobat ngoding semua, sebelumnya terimakasih telah mengklik dan membaca artikel ini, itu artinya sobat ingin dan mau untuk belajar. Oleh sebabnya jika sobat merasa artikel ini bermanfaat untuk orang banyak silahkan klik tombol share.

Baik pada kesempatan kali ini kita akan masuk kepembahasan dimana kita akan mengenal Tag-tag dasar pada HTML. Bagi sobat yang masih kebingungan tentang apasih HTML itu? silahkan baca artikel saya yang ini (Pengertian dan pengenalan HTML).

Jika sobat melihat syntax HTML pasti sobat akan menemukan kode-kode seperti <body>, <head> atau semacamnya nah itu lah yang dinamakan tag. Pada dasarnya tag berarti kode yang digunakan agar web browser menjalankan perintah sesuai dengan apa yang ditulis pada HTML. 

Dalam penulisannya, hampir semua tag memiliki pembuka dan penutup tag sedangkan objek atau perintah lain akan dituliskan diantara pembuka dan penutup tag.

Contoh Penulisan Tag : <tag> Objek atau perintah </tag>

Jika kita perhatikan contoh penulisan tag diatas, maka kita akan menemukan perbedaan antara tag pembuka dan penutup yaitu tag pembuka terdiri kurung sudut buka dan kurung sudut tutup (< >) sedangkan tag penutup ada ditambahkan garis miring (</ >).

Saya kira untuk penulisan tag ini harus sangat diperhatikan sob. Sebab jika tag ini salah dituliskan maka akan fatal kejadiannya untuk hasil dari HTML yang telah panjang anda tulis. Beruntung jika text editor anda memiliki fitur untuk mencari kesalahan syntax jika tidak? maka anda bisa memakan waktu lama untuk mencari "dimana kesalahan saya". (Baca Juga : Text Editor Terbaik Untuk Menulis Coding).

Adapun tag dan fungsinya akan dijabarkan didalam Table berikut ini.


Fungsi Tag

Fungsi Tag

Nah itu lah sedikit penjelasan tentang Tag dan fungsinya pada html. Selain tag, html juga memiliki element-element dan atribut-atribut yang digunakan untuk menjalankan perintah dan akan kita bahas dalam artikel berikutnya. Keep Ngoding.

2 comments: